Catatan dari kelas Tahsin

Aku malu!

Ya, itu yang pertama kali terlintas dibenakku saat menyadari bahwa ternyata masih banyak sekali kesalahan yang aku lakukan saat membaca Al-Quran. Suatu ketika aku menyadari, mengapa aku begitu perfeksionis dan tergila-gila hingga gelisah pada kesalahan kecil dalam makalah maupun tugas-tugas kuliahku atau bahkan aku ikut-ikutan mengkritik peserta di salah satu ajang pencarian bakat karena tidak sesuainya ia menyanyikan sebuah lagu sedangkan aku bahkan begitu mengabaikan panjang pendek, tebal dan tipis saat aku membaca kalimat-kalimat Allah, Tuhanku.

Astaghfirullah.

That's why we need to learn. Untuk mengubah tidak tahu menjadi tahu, tidak bisa menjadi bisa, apalagi wajib bagi seorang muslim untuk membaca Al-Quran dengan benar, tentunya agar artinya tidak salah, dan pahalanya makin banyak.

Alhamdulillah, Qadarullah, masjid kampusku--yakni Masjid Salman ITB, merupakan masjid peradaban yang di dalamnya banyak sekali program-program mulai dari keagamaan hingga self improvement, termasuk kelas Tahsin yang merupakan salah satu program Rumah Quran yang dibawahi oleh Bidang Dakwah Salman. Aku sudah 3x mengikuti kelas Tahsin ini, 2 kali tahsin reguler, 1 kali tahsin lanjutan. (Iya aku ngulang yang reguler hehe).

Alasan kenapa aku ngulang karena aku gak maksimal ngikutin kelasnya saat periode pertama, karena masih banyak ngambil mata kuliah (I know it can be categorized as an excuse, but yeah, you guys are better than me in time management). Dan percayalah, gak ada ruginya buat belajar berulang-ulang. But thank Allah, di periode kedua aku berusaha fokus dan datang 10 pertemuan full! ehe.

Nah, oleh karena itu, aku ingin berbagi dengan kalian catatan tahsin regulerku selama 10 pertemuan. Di kelas tahsin ini aku diajar oleh Ustadz Ali Rhomadhoni (semoga Allah senantiasa melindungi beliau), materinya ada Makharijul huruf, shifatul huruf, idhgam, hukum nun dan mim mati, mad, hamzah washal, dll yang bisa kalian cek sendiri. Tapi selain itu, di catatanku juga banyak OOT nasehat yang aku dapat dari kelas, dan sebenarnya nasehat-nasehat ustadz lah yang salah satunya membuat aku betah di kelas juga hehe. Jadi sekalian aja ku catat.

Langsung aja, buat kalian yang mau download catatanku, udah aku pdf-in dan bisa kalian download di sini (klik gambarnyaa):

https://drive.google.com/open?id=1E6CR46XHJG6flXo9i65l-h5gTAQ9jOCr


Oh iya perlu diingat, tahsin yang aku pelajari ini riwayat Imam Hafsh ya!

Maaf jika ada khilaf. Semoga bermanfaat catatannya 😁 Nanti Insya Allah aku bakal sharing catatan Tahsin Lanjutannya.

Kata ustadzku, teori aja ga cukup kalau gak latihan terus.. jadi jangan lupa belajar dan baca Qur'an ya! Assalamualaikum!

You Might Also Like

0 comments