AGAIN! Kelas Inspirasi Gowa #4

"Mau kemana pagi-pagi?"
"Ke SD, di Barombong.."
"Jauh banget, mau ngapain?"
"Menginspirasi."
"..."
"..."
"..."
"Beneran!"

Iya beneran. Baru-baru ini Zarah ikut dalam kegiatan 'menginspirasi' massal di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Kegiatan Kelas Inspirasi Gowa, yang berada di bawah naungan Indonesia Mengajar tahun ini diadakan di 10 sekolah yang terletak di Kecamatan Barombong. Daannn... Zarah ikutan lagi menjadi fasilitator. It's been 3 years already!

Tapi, tapi, tahun ini ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya selama Zarah menjadi fasilitator. Selain karena lebih berpengalaman jadi Zarah lebih santai *ceilah*, tahun ini keakraban, kekeluargaan, dan keharmonisan dalam tim Zarah lebih terasa dibanding yang lalu-lalu. Yah.. mungkin karena tahun ini Zarah gak absen mulai dari briefing, rapat persiapan, hari inspirasi sampai refleksi hehe. Gak kayak tahun pertama, Zarah gak hadir refleksi karena harus buru-buru kuliah. Dan tahun kedua, Zarah batal hadir di hari inspirasi dan refleksi karena harus kerja praktek di Jogja. Huhuhu..

Nama Sekolah Dasar yang tahun ini ketiban rejeki bisa ketemu Zarah ialah SD Negeri Bontopajja. Takdir Allah, Zarah dapat sekolah yang sesuai banget dengan jurusan Zarah, Sekolah yang sudah menerapkan konsep green school. Bersih, asri, dan sadar lingkungan. Oke mungkin Zarah bakal bahas lebih lanjut tentang sekolahnya dipostingan yang berbeda ya..


Konsep Kelas Inspirasi Gowa tahun ini sama seperti tahun-tahun berikutnya. Hanya saja, pembukaan dan acara penutupannya yang berbeda. Bersama dengan kakak-kakak relawan lainnya, Zarah mempersiapkan a b c d e f g sampai z demi kesuksesan kelas Inspirasi di SDN Bontopajja pada 16 Oktober kemarin.

Acara pembukaan di mulai dengan upacara bendera, karena bertepatan dengan hari senin. Lalu dibuka dengan perkenalan dan flashmob baby shark yang dancenya lagi booming. Hehe. Lalu masuk acara inti. Para relawan profesional dibagi ke kelas-kelas untuk mulai menginspirasi dengan menceritakan profesi dan perjalanan mereka sampai menjadi seperti sekarang. Setiap 25 - 30 menit mereka akan bergantian masuk ke kelas-kelas lainnya. Jumlah relawan pengajar/profesional di tim Zarah berjumlah 7 orang, ditambah dengan 2 relawan fotografer dan 2 fasilitator (termasuk Zarah). Profesinya pun bermacam-macam, ada Dokter Gigi, TNI, Pemadam kebakaran, rekam medis, fasilitator anak, instruktur kursus bahasa inggris hingga pustakawan.

Setelah acara di kelas selesai, adik-adik juga diajarkan cara menyikat gigi dan cara cuci tangan pakai sabun yang baik sehubung dengan Global Handwashing Day yang jatuh pada 15 oktober kemarin. Dilanjutkan dengan penggantungan impian di pohon sekolah dan pembagian hotdog gratis sumbangan dari kakak relawan profesional yang berhalangan hadir. Alhamdulillah semuanya berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Penasaran bagaimana sih keseruan Kelas Inspirasi Gowa #4 SDN Bontopajja? Yuk yuk intip video editan Zarah berikut ini:


Zarah berharap dengan kegiatan kelas Inspirasi, adik-adik akan termotivasi untuk menentukan dan menemukan tujuan hidupnya sesuai dengan passion atau interest mereka masing-masing. Serta, mereka juga akan semakin mengerti akan pentingnya sebuah doa dan kerja keras untuk meraih sesuatu.

Terakhir, Zarah ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak sekolah; SDN Bontopajja, mulai dari kepala sekolah, guru hingga adik-adik. Serta kepada para relawan; Kak James, Kak Uci, Kak Nurtang, Kak Dedi, Kak Eva, Desy, Kak Nasri,  Ario, Kak Wahyu, dan Ibu Bunga yang membuat kelas inspirasiku tahun ini di tim 8 jadi lebih berwarna kayak lukisan-lukisanku. Semoga kekeluargaan ini bisa terus berlanjut. And... terima kasih juga untuk para relawan fasilitator lainnya yang sudah berjuang dari awal terlaksananya Kelas Inspirasi Gowa #4 tahun ini. No words could describe how much I love to be part of you guys. 


Ini cerita Kelas Inspirasi di daerahku, bagaimana di daerah mu?

You Might Also Like

0 comments