#WZSA K-Drama W-Two Worlds

Annyeonghaseyo chinguya!!

Kali ini blog Zarah bakal diwarnain project dan hastagh baru. Apa itu? Yap! Benar sekali, seperti judul yang sudah chingu baca, hastagh dan project Zarah diberi nama #WZSA atau singkatan dari What Zarah Says About .. Hihi. Jadi pada entry dengan hastagh seperti itu, tandanya Zarah bakal menulis seputar opini atau point of view Zarah mengenai sesuatu hal. Tapi nanti bakal digabungin fakta-fakta juga sih. Tenang aja..

Topik yang bakal Zarah ulas pada kali ini adalah Korean Drama yang berjudul W-Two Worlds. Drama yang diperankan oleh Lee Jong Suk dan Han Hyo Joo ini baru saja tamat minggu lalu dengan rating yang lumayan tinggi. Drama ini juga menyisahkan kesan sendiri bagi para penontonnya termasuk Zarah, yang super duper sampe baper suka banget sama tema ceritanya, sampai-sampai Zarah nulis entry mengulas Drama Korea untuk yang pertama kalinya gegara drama W.

 

Awalnya, Zarah lagi menekuni drama Doctors, tapi tiba-tiba teman seposko KKN Zarah menyarankan untuk menonton drama yang satu ini. Bermodal penasaran akhirnya Zarah googling tuh, sambil mikir, "Ini cerita tentang apa ya?" Eh, cek per cek sambil nonton cek dan ricek, ternyata K-Drama W ini menceritakan tentang seorang anak webtoonist yang masuk ke dunia webtoon ciptaan ayahnya dan terjebak cinta dengan tokoh utama webtoon tersebut. Hal-hal aneh pun kerap terjadi bahkan banyak hal yang harus dikorbankan Yeon Joo dan Ayahnya untuk mengakhiri kisah Kang Chul dalam webtoon W agar semua dapat kembali normal dan kisah cinta mereka dapat tetap terwujud. Keren kan? Keren dong.. Secara genre favorit Zarah emang fantasy gitu. Makanya waktu baca sinopsis drama ini, Zarah langsung tertarik untuk nonton. 



Setelah nonton episode pertama, baru beberapa menit nonton aja Zarah udah jatuh cinta. Dibuka dengan scene Kang Chul yang masih jadi atlet penembak bikin Zarah klepek-klepek. Huft! Iya deh Zarah ngaku.. Emang salah satu faktor Zarah tertarik sama K-Drama adalah wajah pemainnya yang ganteng. Lee Jong Suk termasuk good looking dan unyu sih menurut Zarah. Jadi ya.. Zarah suka. Haha! Oke lanjut! Setelah nonton dan nonton, ceritanya jadi semakin menegangkan dan seru. Apalagi setelah Yeon Joo masuk ke dalam Webtoon dan ayahnya beberapa kali mencoba membunuh Kang Chul. Pas nontonnya Zarah jadi tegang dan ngomel-ngomel sendiri karena gak setuju kalau ayahnya Yeon Joo bikin cerita yang Kang Chul terbunuh dan mendukung Oh Yeon Joo untuk nyelametin si Kang Chul. Tapi ya, Yeon Joo jadi baper lho sama si Kang Chul, yang buat dia sulit melepaskan si tokoh dan semakin terjebak di dalamnya serta membuat rahasia adanya dunia webtoon terkuak. Meskipun dia juga selalu pengen kembali sih ke dunia nyata sambil melakukan hal-hal bodoh hanya untuk membuat emosi Kang Chul berubah dan webtoonnya menjadi "bersambung".

Ah.. bisa-bisa Zarah jadi cerita full story nih dan dianggap spoiler bagi yang belum nonton. Mianhe chingu! Zarah langsung pada intinya ajadeh.

Jadi menurut Zarah, K-Drama W bisa dikatakan drama yang sangat menarik karena memiliki konsep dan tema cerita yang anti-mainstream dan lebih mengarah ke fiksi fantasi dan dikemas seapik mungkin. Aktor dan aktris yang memerankannya pun menurut Zarah udah pas dan oke banget aktingnya. Apalagi Han Hyo Joo yang berperan sebagai Oh Yeon Joo sangat cantik dan aktingnya top markotop. Terus ada Park Soo Bong yang super duper lebay dan penakut banget! Bikin ngakak. Tapi nggak selucu Prof. Park yang sok tegas tapi alay banget kalau udah ngomongin webtoon W kesayangannya. Hahahah.

Meskipun alurnya maju mundur, tapi drama ini mudah dimengerti dan selalu penuh dengan kejutan, worth it for us to wait the next episode. Drama ini sangat komplit! Ada action yang bikin degdegan maupun romancenya yang bikin kita senyam senyum blushing sambil histeris sendiri bahkan kadang rada-rada baper dan ngiri. Eh..

ekspresi Zarah ketika nonton atau saat W keluarin episode baru hueeheh


Drama ini juga mengisahkan tentang dunia kedokteran, politik (dikit sih) maupun dunia seni. Tapi ada hal yang buat Zarah bingung. Yaitu tentang webtoon yang setiap hari diupload di dalam drama ini. Karena Yeon Joo masuk ke dunia webtoon, otomatis dia juga tiba-tiba masuk ke dalam website webtoon W yang dibaca seluruh orang di dunia nyata dan seluruh cerita yang terjadi di kehidupan Kang Chul pun masuk terupdate di website webtoon. Termasuk seluruh percakapannya tentang dua dunia (dunia nyata-dunia webtoon) dan lain-lain yang tentunya bikin pembaca bingung. Atau gue doang yang terlalu menghayati seolah-olah lagi ikutan baca webtoon yang terupdate? hahah! Hmm...

Ceritanya lagi bingung

Kalau bisa kasih rating sih, dari five star, Zarah bakal kasih 4.7. Angka 0,3 sisanya untuk beberapa detail termasuk ending yang kurang memuaskan buat Zarah. Iya, endingnya. Sebenarnya endingnya overall bagus sih, tapi yang di beberapa menit terakhir Zarah kurang greget aja cuma lihat Kang Chul dan Yeon Joo duduk sambil memandang matahari terbenam *eh ini rada spoiler ya*, Zarah maunya yang lebih greget lagi endingnya. Misalnya status pernikahan mereka ditegaskan dengan scene meresmikannya di dunia nyata, atau punya anak yang jago gambar, atau apalah yang nggak cuma duduk terus ujungnya ciuman doang. huftttt.. masa di ending, Zarah harus tutup mata sih. Hehe

Tapi ya chingu, ada hal yang menurut Zarah menarik yang bisa dipetik dari drama W ini. Yang pertama kalau ternyata karakter Kang Chul itu yang buat sebenarnya si Yeon Joo loh waktu dia masih remaja. Kang Chul itu digambarkan sesuai tipe cowok idaman Yeon Joo! Waaa.. enak banget si Yeon Joo berjodoh sama karakter impiannya. Seandainya bisa gitu Zarah juga langsung mau gambar pria idaman Zarah deh. Atau pengen masuk aja di novel atau komik. Kalau Manhwa Zarah pengen masuk ke Orange Marmalade dan hidup bersama si Vampir Shihoo xD Kalau manga jepang, Pengennya sih komik Death Note, biar jadian sama Light Yagami. Eh. Tapi horor ding! Ntar gue bukannya ditulis di buku nikahnya malah namaku ditulis di Death Note! Tidakkk!

Hal menarik kedua, Yaitu ketika tokoh-tokoh dalam webtoon hidup dan mereka memiliki dunia sendiri. Lalu, ketika Oh Sung Moo, sang weebtonist berinteraksi dengan karakter kartunnya sambil berkata "Aku ini penciptamu". Zarah langsung ingat ketika kecil, Zarah yang hobi menggambar karakter komik sering dibilang gini sama teman Zarah, "Jangan gambar orang (manusia), nanti di akhirat kamu disuruh hidupin lohh..". Tapi ya, kalau emang dari kecil udah kritis sih, Zarah gak dengar perkataan teman Zarah karena dia gak bisa kasih alasan yang kuat. Dan Zarah masih menggambar terus. Tapi.. suatu saat karena ngefans sama salah satu ustadz ganteng di TV, Zarah langsung rajin ngetweet si Ustadz sambil nanya-nanya tentang agama. Salah satunya tentang hukum menggambar makhluk hidup, kata ustadznya katanya kita nanti di akhirat memang akan bertanggung jawab untuk menghidupkannya dan beliau nyaranin untuk menggambar pemandangan aja, rather than makhluk hidup. Zarah langsung takut banget. Gue udah dosa sebanyak apa ya? Hiks!

Untuk lebih yakin lagi, akhirnya Zarah searching hadistnya dan nemu di https://muslim.or.id

Dalam hadist ‘Aisyah radhiallahu’anha, ia berkata:

“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pulang dari safar. Ketika itu aku menutup jendela rumah dengan gorden yang bergambar (makhluk bernyawa). Ketika melihatnya, wajah Rasulullah berubah. Beliau bersabda: “wahai Aisyah orang yang paling keras adzabnya di hari kiamat adalah yang menandingin ciptaan Allah“. Lalu aku memotong-motongnya dan menjadikannya satu atau dua bantal” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dan hadits Ibnu ‘Abbas radhiallahu’anhuma, beliau berkata: aku mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
barangsiapa yang di dunia pernah menggambar gambar (bernyawa), ia akan dituntut untuk meniupkan ruh pada gambar tersebut di hari kiamat, dan ia tidak akan bisa melakukannya” (HR. Bukhari dan Muslim).
Terus Zarah juga sudah cari dan cari lagi, bertanya sana sini, para ulama ternyata memang berkata bahwa menggambar makhluk hidup baik yang 3D maupun 2D adalah haram. Tetapi soal apakah tidak apa-apa menggambar manusia yang tidak lengkap anggota tubuh, Zarah pernah baca ada yang mengatakan boleh tetapi ada juga yang tidak. Intinya masih dalam perdebatan.. Wallahu A'lam Bishawab. Mending menghindari.. Hehe..

Wah ternyata ada juga ya pesan yang bisa didapatkan dari drama korea. Intinya tergantung perspektif kita masing-masing sih, menyerap sebuah tontonan dan mengartikan dan memaknainya seperti apa.

Ahhh.. udah dulu ya chingu. Nulis ini Zarah jadi pengen re-watch drama W lagi. Pokoknya syukak deh sama drama yang satu ini dan Zarah recommend kalian juga buat nonton. So, Ada yang mau nemenin Zarah nonton lagi?
----

You Might Also Like

2 comments

  1. Lalu, kalau menggambar tidak boleh, apakah mengambil gambar (memfoto dengan kamera) diperbolehkan? Ini murni bertanya berdasarkan curiosity ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ini Zarah kurang tahu juga.. Pernah baca kalau gak boleh, terus ada juga yang berpendapat tidak apa-apa jika hanya sekedar mengabadikan momen. Coba tanya sama yang lebih berilmu ya.. Wallahu A'lam bishawab..

      Delete