Artist is NOT a Volunteer

One of Zarahwesome's drawing


Postingan ini kutulis karena aku merasa sedih sekaligus prihatin. Khususnya bagi pekerja seni yang masih pemula. Saat mereka masih mempromosikan hasil tangan mereka dengan susah payah tapi hasilnya sangat amat kurang dihargai. Atau cuma segelintir yang merasakannya? We will see dari komen-komen kalian nanti.

Jadi begini, ada seorang pekerja seni yang mengomel pada saya. Lebih tepatnya curhat. Aku mengerti betul dia memiliki kemampuan dalam bidang menggambar khususnya doodle dan banyak orang yang memintanya untuk dibuatkan gambar. Awalnya-sebut saja XGirl-menggambar secara sukarela tapi kemudian Ia ingin menjadikannya sebagai ladang bisnis sekaligus membasmi manusia para pecinta gratis yang memanfaatkan kebaikan dan kepolosan hatinya. Aku sedih juga melihatnya. Jadi aku mensupport kemauannya untuk berbisnis doodle.

XGirl akhirnya mulai berbisnis doodle dan pada akhirnya juga orang-orang tidak memintanya menggambar doodle lagi karena tidak mau bayar. Akhirnya XGirl pun hanya mendoodle untuk melampiaskan kebosanannya dan bisnisnya mati diawal. Kadang ada yang menilik media sosialnya dan mulai meminta digambarkan doodle lagi tapi setiap diberitahu bahwa berbayar mereka merayu untuk diberi gratis terus hingga mereka bosan sendiri dan pergi. XGirl ngomel ke saya karenanya. Berikut hasil curhatannya yang beberapa sudah Zarah edit karena faktor-faktor yang dipertimbangkan~

XGirl : Zar, aku bete! Memangnya mereka kira ngegambar gak capek apa? Boro-boro juga kalo setelah itu mereka tetap temenan sama aku. (Kasihan, XGirl memang orang yang kesepian dan kurang teman)
Zarah : Mereka tetap minta gratis?
XGirl : Iya. Padahal aku ini kan artis. Pekerja seni lukis bukan relawan pelukis! Aku baru sadar tekor juga kalau selamanya gratisin mereka.
Zarah : Tekor dari segi apanya nih? (Pura-pura gak tau padahal tau)
XGirl : Ya tekor lah. Emang menggambar pakai sihir.. butuh usaha, duit dan waktu. Usaha itu mulai dari IDE sampai pegal-pegalnya tangan kita. Ide itu mahal dan tidak semua orang punya ide yang se out of the box kita. Kemudian duit. Emang gue jutawan apa zar? Makan di kost aja susah.. nah doodle dan sketsa aku ini butuh alat tulis dan pewarna yang semuanya di beli pakai duit. Mana yang pengen digambarin orang-orang berduit lagi. Gak malunya minta gratis padahal aku udah bilang kalo aku ini usaha.. kalau dulu mah lain hal. Itu masih promosi. Hiks. Waktu juga terbuang ngerjain doodle. Kan lama tahu!
Zarah : Hmm.  Iya betul juga ya. Padahal karya seni itu bukan barang murah.
XGirl : Iya ih! Lukisan-lukisan yang dijual aja nih harganya mahal. Nah kenapa kalo pelukis muda nan pemula seperti kita malah selalu diminta gratis? Padahal kan kalo dari segi gambar, *agak narsis* bagus juga.
Zarah : Setuju! Kamu ini dongkol karena gak laku ya bisnisnya? Hahah
XGirl : Salah satunya. Salah satunya lagi karena ada orang yang pernah pesan gambar ke aku tapi ujung-ujungnya dia gak jadi ambil karena aku kasih harga ratusan ribu. Padahal udah jadi dan aku bikin itu siang malam dan menurutku itu sebanding dengan gambar yang aku hasilin. Bisa nego kok harganya. Tapi dia negonya kelewatan. Terpukul tau!
Zarah : Segitunya ya. Emang dia negonya berapa?
XGirl : 15 ribu. Bayangin gak sebuah doodle full colour ditawarin segitu. Ya tapi ada salahku juga sih. Namanya salah satu huruf, Kareen jadi Karen.
Zarah : Hyah itu kamu salah. Tapi kelewatan juga kalau cuma 15 ribu. Padahal kalo masalah e nya gapapa yang penting ada gambar yang mendeskripsikan kalo itu dia, kan? Minimal 50ribu lah. Kamu juga udah capek-capek bikin.
XGirl : Nah itu. Aku merasa sangat amat tak dihargain, Zar. Mentang-mentang dia teman aku tapi malah begitu. Padahal teman harusnya mengerti. Hiks

Dan percakapan berakhir karena pulsa habis. Sedih juga mendengar curhatan temanku. XGirl benar, artist is not volunteer yang bisa cuma-cuma nerima pesanan kalian dan gak terima sepeser pun padahal dia udah susah payah untuk menghasilkan karyanya yang terbaik. Artist juga manusia. Kalau kesalahannya gak fatal-fatal amat harusnya tetap dihargain apalagi kalau udah deal dan gak serta merta membatalkan transaksi. Biar gimana pun dia udah mencurahkan ide, kerja keras dan waktunya untuk sebuah gambar yang kalian pesan.

Sebagai penikmat seni kita juga tidak sepatutnya untuk selalu minta gratis (meski kadang aku gitu hingga akhirnya sadar) atau minimal kalian barter karya lah supaya impas! Mulailah menghargai karya dan usaha seseorang. Bayangkan jika kalian di posisi seorang pekerja seni itu. Dongkol juga kan..

So respect the artist. They are not a volunteer. Remember that life without art is pretty boring! And art without an artist it's not art and it's NOTHING.

-Zarahwesome-

You Might Also Like

3 comments

  1. Hahah.. Aku jugak inget banget, dulu pernah ditawarin ngedoodle dengan bayaran hanya segelas jus jeruk.. :D Tapi karena memang akunya ngerjain cumak have fun, akhirnya dijabanin. Eh malah dapet bonus duit. :3

    Menurut ku pekerja seni memang ada tarifnya sih.. Tergantung dari seberapa hebat skill masing-masing. Kalok mau, cobak buka akun aja di freelancer. Di situ ada banyak perusahaan yang nyari tukang gambar dengan bayaran yang oke :D

    ReplyDelete
  2. well, saya sepakat zar. Seperti kata orang-orang "Desain Grafis bukan Desain Gratis". Apalagi seharusnya ini ada teman yang seharusnya mendukung, atau minimal menghargailah.

    Sekedar saran untuk temanmu, pertama dia harus profesiaonal lah, jangan ada kesalahan. Kedua, usahakan deal harga dulu sebelum memulai project, untuk harga jangan terlalu tinggi, usahakan nilai sendiri dulu, apakah layak dengan harga segitu tinggi. Kalau memang layak dan calon klien minta harga turun, ya jangan di kasih lah. Ini karya seni, bukan pakaian cakar yang harus di-nego.

    ReplyDelete
  3. Oh, poor XGirl... Daku yakin banyak XGirl lain di luar sana, yang bernasib sama walau spesialisasinya berbeda. Termasuk penulis. Hehehe
    Semuanya memang butuh proses. Kalau belum punya 'nama', memang susah mematok harga sendiri. Apalagi kalau langsung mahal. Tapi iya mestinya 'para pemesan' itu mempertimbangkan usaha XGirl, ya.

    Tetap support XGirl, whoever she is. Soal gambar2 gratis yang sudah 'melayang', semua itu enggak sia2. Secara enggak langsung dia sudah mengasah kemampuan sekaligus bikin orang senang. Hehe... Well, mudah2an XGirl mendapat tempat menyalurkan bakatnya serta dapat 'pemesan' yang pengertian juga. ^_^

    ReplyDelete