Liaison Officer (LO) HSDC 2014

WHOOPSS! WHOOPSS!

Hello everyone! First, I would like to say Happy Eid Adha to readers who celebrating it and so sorry for readers who can't be able to read my awesome posts on this blog anymore because already "di kurban" kan hahaha. Okay just kidding.

Akhirnya dan akhirnya Zarah bisa nge blog lagi di sela-sela kesibukan. Maklum, udah balik ngampus lagi. Jadi, mau gak mau harus konsentrasi alias fokus sama tugas dan kegiatan-kegiatan kampus. Entah itu ikut acara, ikut kuliah sampai nangkring di kantin pun juga termasuk kegiatan kampus. Huehehe.. Anyway guys, talking about campus event, I'm so glad that I could be part of an event that held a week ago! That was the brand new experience for me because that was the first time I became a Liaison Officer in english debate competition (HSDC 2014). *yaiiyyy*

WHAT IS LIAISON OFFICER?

Pertanyaan itu berkelebat memenuhi otak Zarah saat pertama kali ditawarin jadi L.O (Liaison Officer). Selain karena keterbatasan pengetahuan kosakata dalam bahasa inggris (gak tau artinya Liaison), pengalaman Zarah berkecimpung dalam event yang ada L.Onya juga cetek banget alias nol besar. Jadi mau gak mau Zarah dengan polosnya bertanya apakah gerangan L.O itu? Dengan kesabaran yang luar biasa, Zarah di jelasin nih yang kemudian Zarah jelasin lagi ke teman-teman Zarah karena Zarah lah yang di beri amanah untuk ngumpulin para mahasiswa yang bersedia jadi L.O (kalau bahasa kerennya sih Koordinator). Hehehe oke cukup basa-basinya.

So guys, L.O is...


artinya, Liaison Officer itu adalah penghubung antara satu pihak dengan pihak lainnya, nah dalam konteks lomba debat yang Zarah ikutin nih, L.O itu jadi penghubung antara peserta dan panitia, serta pendamping para peserta, gitu.

Atau yang mudah dimengerti aja deh; L.O itu pembantunya panitia. Tapi jangan di pandang sebelah mata. *nyiahaha* Ya dong, soalnya kalau gak ada L.O acaranya gak bakal jalan. ^^

Nah, sebelum hari H, Zarah dan kawan-kawan di training nih oleh supervisor L.O yang paling cantik; Kakak Kepo! dan yang paling biasa aja; Kakak Onta -_- Hohoho.. pas di training Zarah baru ngerti deh tugas seorang LO itu apa. First, kita jadi guide untuk para peserta lomba dimana pesertanya adalah anak-anak SMA se sul-sel ke room debate mereka. So, each L.O guide two teams to one room! Second, setelah sampai di room barulah tugas L.O bertambah berat *huh hah huh hah* yaitu jadi Chairperson dan Timekeeper sekaligus.

Chairperson ; Artinya pemandu acara. Yang ngebuka sesi debat hingga menutupnya.
Timekeeper ; Artinya penjaga waktu. Yang nge-remind speaker kalau udah mencapai menit-menit tertentu.. apalagi kalau udah melampaui batas waktu yang ditentukan.

*FLASHBACK TO SEPTEMBER 26th-28th 2014*

Ini nih hari pertama Zarah dan pasukannya menjadi L.O. Kami datang pagi-pagi ke gedung rektorat bermodalkan almamater dan tingkat selfconfidence yang teramat tinggi. Setelah bertemu kakak Onta sambil nonton senam pagi akhirnya kami masuk nih ke gedung rektorat buat siap-siap for Opening Ceremony sekaligus pembagian room per LO. Ta-daa!! Zarah kebagian Room 10!



Setelah pembukaan langsung aja nih Match up atau pembagian team per room. Nah abis itu pembagian motions atau tema. Sontak aja nih kita para L.O langsung berlarian untuk tahu team apa saja yang ada di room yang kita pegang dan motion debatnya apa aja. Nyatet deh kita. Setelah itu ada preference motion yang dilanjutkan dengan case building! Untuk itu, si LO harus gesit lagi ngangkat kertas bertuliskan room supaya si adik-adik menghampiri dan mengikuti kita ke room mereka. (Jujur ya,, bagian ini berat banget saat jadi L.O apalagi room 10 jauh loh dari main hall.. fiuhh!) hehehe..

Team awal yang Zarah dapat nih SMAN 1 Takalar dan SMAN 17 Makassar *yey! Sumpah anak-anaknya keren banget bahasa inggrisnya dan asik di ajak ngobrol. Apalagi mereka tau banget apa yang Zarah suka; The Hunger Games dan Divergent Trilogy! Jadi deh pas selesai debat kita ngobrol seru sampe teriak-teriak dan lupa kalau adjudicator udah manggil *ampuni sayaa*.

Pada hari pertama ini cuma dua kali Zarah jadi L.O karena cuma ada dua round yaitu Prelim 1 and 2. Kemudian lanjut esok hari... pada hari kedua ini Zarah pulang telat karena 4 round sekaligus. Yaitu sampai di Okto Final! Pas di hari kedua juga Zarah tetep stay di Room 10 dan ketemu team-team lain yang gak kalah asik sama anak-anak di hari pertama. Entah karena masih ada jiwa muda atau memang dari kedua belah pihak sama-sama supel hehehe..

Nah.. di hari terakhir ini yang paling seru. Zarah datang pagi-pagi banget nih and end up ngegembel (hanya Zarah, Tuhan dan saksi mata yang tahu) haha pas hari ketiga nih udah Quarter, Semi dan Final! Jadi tingkat keseruannya semakin naik *Eaa* apalagi motionnya bertemakan Harry Potter *suddenly freaking out* XD

Hari ketiga room semakin berkurang dan membuat tugas para LO berkurang. Jadi sebagian dari kami hanya ada yang menjadi penonton sekaligus supporter. Kebanyakan cerita dan berleha-leha.. tapi Zarah tetep jadi timekeeper sampai semi final. Baru deh pas Final, Zarah gak ada kerjaan karena yang bertugas adalah duet maut The best LO ever si Lendo dan The Pede LO Ever si Aldian -_-"

Pas menunggu pengumuman final, itu juga bagian yang lumayan seru. Karena kita foto bareng sama adik-adik SMA sekaligus cerita-cerita sama Kakak Onta (beliau lah yang mengajak kami menjadi LO). and Taaa--daaa!! SMAN 17 Makassar won at the first place! Congrats ya! But, sayang sekali pas pulang Carla *Parabataiku* harus kehilangan helm mahalnya -__-"

SO! That was my unforgettable exprience as a Liaison Officer. Actually, I can't explain keseruan dan kegembiraan pada hari itu dengan kata-kata. Jadi Zarah menulis semampu Zarah aja. Meskipun capek, tapi pengalamannya ga bisa dibayar pake apapun. Zarah senang banget bisa jadi bagian HSDC 2014, kenal dengan kakak-kakak HEDS (UKM Debat Bahasa Inggris Unhas) dan bisa kenal sama adik-adik yang bahasa inggris dan kemampuan debatnya cuakep banget! Hope I can Join the UKM DBI soon! *udah daftar dong*

Before I close this entry, I would like to share some photos.. Check it out!









Big thanks to all LO. Thank you guys for your time! (Zarah-Ria-Carla-Aldian-Lendo-Tari-Azka-Anggi-Okta-Mega-Joey-Lulu-Ina-Chika-Mala-Debby-Dilla-Iin-Tian-Eka), for our founder a.k.a the one who asked us to became LO; Kakak Onta Idiota alias Kakak Ulla, for our supervisor Kak Kepo yang gorgeous! to President of Heds; Kak Kharji, for all adjudicators dan panitia; Kak Nawir, Kak Ikhsan, Kevin, Kak Asmi, Kak Dityo, and all of you! Thank you for the awesome experience! Ciaoobellaaa

Ooops! Kayaknya Zarah udah dikejar waktu buat ngerjain tugas lagi nih! Bye bye everyone!



You Might Also Like

3 comments

  1. Your welcome zarah :)) read my blog too iinindy.blogspot.com yawww

    ReplyDelete
  2. Kereeenn. Kepanjangan sebenarnyaaa. Haha.

    ReplyDelete
  3. Itu The Maze Runner aw. Hai Zarah (seumuran tapi udah mahasiswi, beuh), blog ini dapet award ya dari aku, bisa di cek di link postingan ini, terimakasih :)
    The Liebster Award

    ReplyDelete