WAKTU

Assalamualaikum Readers! Kali ini Zarah akan membahas tentang waktu nih. Zarah nulis ini soalnya abis dapat pencerahan dari kegiatan kampus. Alhamdulillah materinya bagus banget dan penuh manfaat. Makanya, Zarah ingin bagi-bagi nih. Simak ya!

Berbicara tentang waktu tentu tidak asing lagi bagi kita. Tapi, apasih waktu menurut kalian itu? Kalau menurut Zarah, waktu itu seperti laut dan kita berlayar diatasnya, apabila kita memanfaatkan laut tersebut saat berlayar untuk mendapatkan ikan, maka kita akan membawa buah tangan saat kita tiba didaratan yang bisa digunakan untuk mengisi perut, dan sebaliknya apabila kita tidak memanfaatkannya dan merusak laut tersebut dengan limbah maka kita tidak akan mendapatkan apa-apa yang bermanfaat selain akan merasakan dampak dari kerusakan yang kita buat.Mengerti?

Gini.. Artinya, waktu adalah lamanya masa yang diberikan oleh Tuhan untuk kita hidup di dunia ini. Waktu itu sangat luas dan terbatas akan tetapi dengan luasnya waktu itu, kita sebaiknya memanfaatkannya dengan melakukan pekerjaan yang bermanfaat dan tidak menyia-nyiakannya dengan perbuatan yang akan berdampak pada penyesalan dimasa yang akan datang.Yah, kira-kira begitu lah. Hehehe

Nah, Waktu kan sangat penting nih readers, jadi kita sebagai manusia harus memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Usahakan apa yang kita lakukan dalam 24 jam adalah hal-hal yang bisa membuahkan hasil yang manis di hari esok, atau dengan kata lain kita jangan membuang-membuang waktu untuk hal yang tidak penting (kalau nulis blog yang bermanfaat termasuk penting ya! Hehe).

Dalam mengelola waktu, kita juga butuh skill. Namanya, skill manajemen waktu. Jika kita bisa me-manage waktu kita semaksimal mungkin dengan baik maka kita dapat mengendalikan hidup kita menjadi lebih teratur, dan apabila hidup kita teratur kita akan jauh dari stress, lebih santai, lebih produktif dan merasa puas akan apa yang kita kerjakan. Tetapi apabila manajemen waktu kita buruk maka kita akan merasa kecewa, marah atau emosional, kinerja menurun dan peningkatan prestasi terhambat. Naudzubillah..

Sekarang, coba kita merenungkan apa yang selama ini kita lakukan, apakah kita sudah memanfaatkan waktu kita semaksimal mungkin atau malah menyia-nyiakannya? Apakah kita selalu menunda-nunda pekerjaan atau tidak? Kalau tidak berarti anda sudah sadar akan pentingnya waktu, tetapi kalau masih menunda-nunda pekerjaan yang bisa dikerjakan sekarang, tandanya manajemen waktu kalian buruk dan kalian akan menyiksa diri kalian apabila pekerjaan sudah menumpuk karena tidak dicicil. Manusiawi sih kadang kita merasa malas dan menunda sesuatu, jujur Zarah kadang-kadang seperti itu, apalagi kalau ada film bagus di TV ehehe tapi itu kebiasaan buruk, dan kebiasaan buruk dapat membentuk pribadi dengan kualitas buruk. Kalau masih bisa diperbaiki, kenapa tidak?

Cara memperbaikinya sederhana kok, tidak perlu berguru sampai negeri china atau menggunakan rumus fisika, cukup dengan memperbaiki manajemen waktu kita dan mengontrol waktu kita. Nah, untuk membantu kita me-manage waktu, upayakan kita memiliki buku agenda atau menggunakan gadget untuk merencanakan agenda kita setiap hari. Setelah itu kita mengaloksikan waktu dan menjadwalkan pekerjaan kita secara berurut pada waktu-waktu tertentu agar semua terstrukur dengan baik.

NAH! Sekarang Zarah mau bagi-bagi langkah me-manage waktu yang baik, kalau sudah mengerti praktikkan ya.

1. Tentukan prioritas
Kadang-kadang orang tidak bisa me-manage waktu mereka dengan baik karena mereka tidak tahu yang mana yang harus dikerjakan sekarang dan mana yang tidak. Usahakan kalian memngerjakan yang penting dan mendesak dulu, kemudian yang mendesak tapi tidak penting, setelah itu penting tapi tidak mendesak dan yang terakhir baru yang tidak penting dan mendesak. Begitu urutan prioritas yang benar. Hehehe

2. Rencana (mingguan)
Masalah yang mempengaruhi buruknya manajemen waktu kita juga adalah karena tidak adanya rencana atau persiapan sehingga pekerjaan kita tidak terstruktur. Untuk itu, disarankan kita membuat daftar supaya gak keteteran ya!

3. Analisis penggunaan waktu
Membuat daftar juga jangan sembarangan yaa, kita juga harus memikirkan kira-kira cukup berapa lama kita menggunakan waktu untuk mengerjakan suatu hal dan apakah pekerjaan yang kita lakukan merupakan prioritas atau bukan.

TENG TONG! Alarm waktu menulis blog Zarah sudah bunyi nih. Tandanya, Zarah harus pamit dan mengerjakan tugas lain nih readers. Hehe.. Awalnya memang susah sih mengubah kebiasaan kita dan memanage waktu memang tidak mudah, tapi kalau kita ada kemauan dan melakukannya dengan berulang-ulang, Insya Allah akan terasa mudah dan biasa kok. Zarah juga masih belajar berubah menjadi lebih rajin. Yuk sama-sama belajar! Udah dulu ya.. Semoga bermanfaat buat kalian Readers. Wassalamualaikum.

You Might Also Like

1 comments